green student movement

Sabtu-Minggu kemarin, aku memfasilitasi sekumpulan anak-anak muda Jakarta dari berbagai kampus yang mengikuti pendidikan environmentalist muda. sekumpulan anak-anak kota yang ternyata masih memiliki minat dan kepedulian luar biasa terhadap perbaikan kondisi lingkungan hidup Jakarta dan sekitarnya. lagu, joged dan musik mengiringi proses pendidikan ini, warna-warni kelas layaknya ada pesta ulang tahun membuat pendidikan lingkungan ini berbeda dari pendidikan lingkungan kebanyakan. vibrant habis man................. begitu komentar salah seorang kawan. tak perlu takut salah, tak perlu ragu, tak perlu malu karena disini setiap orang boleh berimajinasi dan bertindak bebas untuk mengubah Jakarta menjadi lebih baik.

Segenap keresahan terhadap berbagai persoalan lingkungan hidup di jabodetabek diungkapkan dengan sangat manis lewat lagu terajana yang digubah liriknya. polusi, semrawut, sumpek, bikin sesak nafas (apalagi ada juga peserta yang punya asma), kotor dan pemerintah DKI yang nggak becus ngurusin persoalan lingkungan hidup mengalir seperti aliran kali ciliwung yang hitam pekat, "begitu komentar salah satu peserta".

yang menarik adalah, ketika mereka tidak hanya curhat lingkungan. tapi mereka juga coba membangun mimpi dan harapan untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup Jabodetabek ini. haiiiii, mereka bahkan bisa membuat konsep Jakarta sebagai kota yang betul-betul sejuk, nyaman, ada sarana transportasi massal yang baik dan bahkan ada transportasi sungainya loch..... mereka menuangkan ide-idenya lewat imajinasi yang disampaikan dalam alur yang menarik pada sebuah pictogram.

Seandainya bang Gubernur DKI Jakarta tahu, bahwa ada sekumpulan anak-anak muda gaul yang mempunyai konsep dan visi pembangunan kota Jakarta yang luar biasa. pasti sang Gubernur ini akan datang di kegiatan pendidikan environmentalist muda ini.

Bagi mereka tak ada yang mustahil, karena mimpi-mimpi ini akan mereka sampaikan pada semua orang yang juga punya kepedulian untuk merubah Jakarta menjadi kota yang nyaman dan sehat untuk semua orang. ide-ide dan gagasan ini akan mereka promosikan lewat sebuah kreatifitas mereka dimasing-masing komunitas, entah itu komunitas seni, komunitas anak mall, komunitas pencinta alam, dan komunitas lainnya.

Walhi Jakarta sebagai organisasi yang melaksanakan training ini memang berharap gerakan lingkungan hidup di Jakarta akan didukung oleh seluruh publik. kita percaya bahwa ide-ide dan gagasan cemerlang akan lahir dari kelompok muda, selain itu kita juga percaya bahwa kelompok muda adalah motor gerakan yang bisa bekerja pada semua tingkatan komunitas dengan baik. kita mengharapkan, kelompok muda inilah yang akan menjadi jembatan antara kelas atas dan kelas bawah dalam strata sosial di Jakarta.

Pangkalan environmentalist (Pun-E) menjadi sebuah ruang baru kedepannya bagi kelompok muda di Jabodetabek yang akan menuangkan semua kreatifitasnya, tempat diskusi, ada punk green shop, internet pangkalan, pangakalan green cafe, tempat belajar, tumbuh dan berkembang anak muda dalam gerakan lingkungan hidup di Jakarta untuk mempromosikan sebuah gagasan Jakarta Ecocity Initiative Progam for the Future, untuk menjadikan kota Jakarta sebagai kota yang berkeadilan lingkungan (eco justice) bagi semua orang yang hidup didalamnya.

Pokoknya, menarik dech. Memang yang muda, yang punya semangat!!!!

0 comments: