Karya Luar Biasa Bengkel Menulis 13.13

Buatku, pagi ini sungguh indah. bumi bermandikan hujan, setelah panas lama "menyetubuhinya". Aku memilih duduk disamping jendela kamar, sembari membuka kembali kumpulan file-file yang bersemayam lama di lemari otakku. Mengingat lagi, bahwa ada teman-temanku yang lama tak kusinggahi dan aku pernah menautkan janji untuk kembali menemui mereka di bengkel menulis yang pernah kami ciptakan bersama.

Sungguh, buatku itu janji yang hendak kurajut bersama dengan teman-teman muda belia, yang telah memahatkan karya luar biasa lewat goresan tangannya. Ijinkan aku kembali menuangkan maha karya Dwi dalam Gadis Itu Amira, Mita dalam Arti Sebuah Tangisan Firsa dan dan Eka dalam Sampaikanlah Walau Satu Ayat. Karya ketiganya, sungguh menjadi inspirasi buatku.

Baca selengkapnya...

Sampaikanlah Walau Satu Ayat

Oleh: Eka
Siswi SMK TI Airlangga-Samarinda


Berawal dari memperbaiki sebuah computer dirumah seorang sahabat …..
Hari itu melelahkan memank apalagi ne kan bulan pwsa Puaaanassnya Bisa dibayangkan ,tapi bingun mw gman lagi ne computer kok gak baik2 yeah …..

Huft …..pusink aq ….
Siti : duch nur qw pusink nah dari tadi kok tetep kagak bisa baik yea ne computer padahal dah dibongkar berapa kali juga ….
Nur ; ough ….gitu yeah , yea dah qt break dulu smbil siap2 menunggu waktu buka . . .( dengan nada sedikit kecewa )
Siti : wah …qw lum smpat minta jemput neah …gmna dunk qw bka pWsa disini yah Sob ( sambil merangkul pundak Nur )
Nur : ia dech ….boleh ..
Saat itu memank siti & nur sedang menjalani ibadah pwsa …..namun siti sedikit bingun neah saat siti sholat ashar tadi …..hemmm ??? alaaaaahhh …ntar zadech saya certain qt liat lanjutannya dulu ….
Nur : ti …bwa makannya ke mja makan sana ,qw mw bwt minum dulu …
Siti : ia ….ia , ..
Nur : nah dah siap ….
Suara bedug pun terdengar dari sebuah stasiun televise sawsta ….
Siti : nah dah buka ,gmn kalau qw yang pimpin doa …
Nur : terserah muw ti ….
Siti pun memulai berbuka …mereka menyantap dengan lahapnya …Nyam …Nyam …
Mungkin begitu bunyinya ….heheheh
Siti : Nur makanya jagn terlalu banyak ntar kmu kekenyangan & susah sholat magrib loch ….(heran)
Nur : Aaalah …egp pentink qw kenyang …(sambil melanjutkan makan )
Siti hanya geleng” kepala ….sesaat kemudian mereka telah selesai berbuka ….siti dan nur pun mulai beres-beres ….
Siti …Sholat berjamaah dulu yuks ….cuci piringnya ntar za …
Nur : kmu duluan za deach….tanggung neah ..
Siti : yea udah qw duluan za ..
Setelah selesai sholat siti langsung ngabur kedapur untuk ngantiin nur cucian …
Siti : Udah sini qw za yang cucian gentian sekarang kamu yang sholat (sambil memegang piring kotor yang dicuci nur )
Nur : males ach …mw cucian za …
Siti : loch kok gitu …tadi kan dah pwsa sekarang wajib ntuk sholat ….kan sma2 wajibnya ….
Nur : Ti ..biar 1000 orang nyuruh qw sholat tapi kalau qw gag mw yea gag mw …
Qw mw yadar ntar klo dah dpet hidayah ..(sambil menjelasakan panjang lebar)
Siti : heh …yah sekarang neah hidayanya dah datang …hidayah tuch datangnya dari mana za …makanya qw yg ngingetin kamu biar sholat ….hemm pantas za tadi gag sholat ashar ….
Nur : Ti …qw tuch bnr2 malas jadi mw gmn lgi ….
Siti :hehmm ….jadi kalau di tempat kerja gmana temen2 kamu pa gag ngingetin …pa???
Nur : kalau di tempat kerja kan sholatnya sama-sama ….jadi ngikut za …
Siti : astagfirullah ,jadi selam ini sholatnya cma ikut-ikutan za …kalau sendirian dirumah gimana ….kamu sholat dimasjid …???
Nur : gag jg …
Siti : ya Ampun ….yea dah dech qw cma mau ngingetin za …semoga lain kali kamu bisa dapat hidayah yang pamungkas ….
Nur : amien dech …kamu tungguin za qw imsyak …Aaalaah isyaf jeng …
Siti : is ..is …ya dah qt siap-siap sholat tarawih dulu yok …di masjid kan rame tuch jadi kamu bisa ikut …
Nur : ustad mudanya ada gag kalau ada baru ku ikut ..lagiankan sunah jga …
Siti : hiiiih (kesal),banyak semuanya ada dari ustad dadakan mpe ustad beneran …semuanya ada bu …
Nur : key dech qw ikutan …biar kmuw gag marah ..
Siti : yea dah ayo …v biz ntu antr qw pulang yeah …
Nur : lah …trus computer ku gmn ???
Siti : qt bawa ke service za ya bu …qw malas baikin …hehehehe
Nur : huh , dasar (sambil nunjul kepala siti )
Mereka pun bergegas sholat tarawih di masjid ….yah walau nur tetap gag mw sholat magrib v dah mw sholat tarawih ,semoga za permualan yang baik ….nah kalau kita punya temen model ginian …qt kudu ngingetin sobat ….kan Sampaikanlah walau satu ayat ….

Baca selengkapnya...

Arti Sebuah Tangisan Firsa

Oleh: Mita
Siswi SMK TI Airlangga Samarinda

Menangis…
Sebenarnya arti tangisan buat ku adalah segalanya, menangis adalah kegiatan seseorang dimana ketika suatu peristiwa yang dirasa menyedihkan, mengharukan bahkan menyenangkan oleh hati maka otak dan pikiran kita akan menstimulasikan perintah untuk mengeluarkan sesuatu dari dalam mata kita dan menetes keluar entah darimana itulah yang dinamakan air mata dan itu adalah pemberian Allah, dan kegiatan inii pula yang sering aku lakukan dimanapun aku berada jikalau sedang sedih.

Oya, perkenalkan namaku Firsa Adya Putri Winata anak ke-3 dari 4 bersaudara saat ini statusku masih terhitung siswa di SMK Pratama Jakarta jurusan bahasa dan aku bisa dibilang “anak kos” dirumah sendiri, karena orangtuaku ada tuntutan pekerjaan ditempat lain dan menetap bersama adikku yang masih kecil ditempat itu jadilah, kami ditinggal dirumah yang bisa dibilang lumayan besar ini. Terkadang orang lain menganggap anak kos adalah “wild Child” istilahnya karena tidak ada pantauan dari orang tua, free to do anything padahal sih nggak juga tetap ada kewajiban yang harus dilakukan.

***
Keseharianku normal berjalan seperti biasa dengan tugas menumpuk sampai-sampai tumpukan sampah di bantar gebang itu bakalan kalah tingginya dengan tugasku yang banyak ini. And it’s all about poetry and those things that I’ve never figure out. Aku sama sekali blank tentang sastra .dkk itu dan tiap hari menangis karena saking blanknya.

”hik..hik..”, ”kamu kenapa lagi Fir? Pasti gara-gara tugas itu lagi?”tanya temanku Aka, ”he eh. Hik..hik, bunuh aja aku ini, Ka susah banget gila!”cetus ku. ”Hush..kamu ini ngomong apa?dengan senang hati kalau begitu mana pisaunya?.hihihi” canda Aka, ”Aka, aku lagi sedih kok di becandain sih gak lucu ah”,”abis kamu ini macam-macam aja pikirannya minta dibunuh segala, yang sabar ya cin?”dengan aksen yang menyerupai Cinta Laura itu. Soalnya dia ngefans banget sama Cinta Laura walaupun orang-orang banyak yang mengkritiknya.”eh, kamu kok santai banget emang kamu udah ngerjain tugasnya Pak Darman itu?tentang Sastra Shakespeare?”tanyaku, ”belum sih, harusnya kamu contoh aku ini orangnya nyantai kaya’ di pantai, Slow kaya’ di Moskow.hahaha” Canda Aka lagi, dia memang suka bercanda gokil abis itu yang aku suka dari dia.”hahahaha...kamu ini ada-ada aja deh, ah jadi nggak sedih lagi nih aku. Thanks ya my friend?”,”ouuu...so sweet,come on give me a hug babe?”pintanya, lalu kami berpelukan bagai teletubies tapi versi kurusnya

***
Kemudian Angin datang menghampiri aku, Angin adalah orang yang suka sama aku dari kelas 10 semester 1 dan yang mengenalkan aku dengannya adalah Alisa temanku. I think he’s not really bad, bayangkan dia pdkt sampai 1 tahun sama aku karena aku orangnya type-type introvert gitu deh, gak mudah open minded sama orang yang baru kenal, tapi ini sudah 1 tahun, bo. Bibit yang disemai itu pun telah tumbuh, aku sayang sama dia, dia pun begitu. 2 tahun berjalan sekarang aku dan dia sudah sama-sama dikelas 3 banyak yang sudah diarung jerami masalah itu, kebahagiaan itu, tangis sakit hati itu, namun itu belum berarti semuanya kami bisa happily ever after seperti di dongeng.

”asalamu’alaikum nyit-nyot ku selamat pagi?”salamnya,nyit-nyot adalah panggilan sayangnya buat aku dan aku memanggilnya Pikok,”wa’alaikumsalam, pikok.kenapa tadi malam nggak ada telepon aku? Selingkuh ya?”.”nyit-nyot, curiga mulu. Gak tadi malam aku ketiduran jadinya aku lupa mau nelpon kamu maaf ya?”. aku pun mengangguk menyatakan iya, lalu dia pamit mau masuk kelas. Kelasku dan kelasnya berbeda sederhana aja karena kami beda jurusan dia IPA dan aku jurusan Bahasa. Menurut pengamatanku perempuan selalu merasa senang jika melihat laki-laki berjalan didepannya maksudnya perempuan itu lebih nyaman melihat laki-laki dari punggungnya, entah kenapa aku pun begitu. Mataku tak bisa berpaling sebelum bayangan punggung itu menghilang.

***
Keesokan harinya...
Hari ini dimarahin lagi sama mbak ku yang pertama gara-gara nggak bersihin dapur padahal aku lihat-lihat dari tadi dia Cuma nonton TV aja kerjaannya kenapa nggak dia aja sih?aku selalu berpikir kenapa setiap mbakku mengkritik aku rasanya sakit hati banget dan pasti ujung-ujungnya nangis tersedu-sedu. Hari ini Firsa menangis, hari ini aku menangis lagi, bulan ini sudah 7 kali aku hitung intensitas menangisku semakin deras saja. Entah itu karena bertengkar dengan Angin, mbakku atau karena lagi kangen sama orangtua. Terkadang menangis membuat aku belajar membuatku merasa termotivasi terhadap sesuatu, membuat aku bersemangat lagi, dan bangun dari keterpurukanku. Tapi juga terkadang menangis membuatku merasa terasing dari dunia ku sendiri karena aku menangis hanya sendiri ketika teman-teman melihatku menangis mereka hanya bisa diam dan kita merasa dijauhi oleh mereka. Walaupun begitu arti dari tangisan ini memiliki banyak sekali makna buat Firsa Adya Putri Winata dan aku merasa lengkap dengan adanya tangisan ini. Bukan berarti aku anak yang cengeng dan suka merengek seperti bayi yang menginginkan permen hanya saja menangis akan sangat dibutuhkan olehku yang memiliki banyak masalah ini sebagai sebuah dorongan motivasi untuk meneruskan hidup dan keep survive.
***

Baca selengkapnya...

Gadis Itu Amirah

Oleh: Dwi Cahyanti
Siswi SMK TI Airlangga Samarinda

Sangat jauh langkahnya,akhirnya kini menepi di sebuah kota yang asing baginya. Gadis itu tak bergeming dalam lamunannya,ketika seorang ibu tua menggendong anaknya yang masih kecil. Pikirnya apa yang sedang di lakukan oleh ibunya di rumah. Gadis itu Amirah,siswa lulusan SMA ternama. Saat ini ia sedang melarikan diri dari rumahnya hanya karena orang tuanya melarang apa yang ia inginkan.Amirah ingin sekali menjadi seorang pengacara, ia berharap dengan begitu ia bisa membela hak orang-orang yang tak berdaya. Amirah adalah seorang anak yang temperamental, namun memiliki hati yang baik. Kali ini hal yang di lakukannya memang keterlaluan. Kejadiannya bermula ketika Amirah dan ayahnya membicarakan tentang sekolah lanjutannya. Ayahnya ingin ia menjadi seorang perawat,akan tetapi Amirah terus bersikeras ingin menjadi seorang pengacara. Puncaknya,esok harinya ketika hari masih subuh secara diam-diam ia melarikan diri dari rumah.Sontan pagi itu di rumah keluarga Amirah menjadi panik.


Masih dalam lamunnya,sesaat kemudian ada seorang anak jalanan yang mengamen di dekatnya. Dengan rasa iba,Amirah menyodorkan selembar uang seribuan. Anak jalanan itu kemudian berterima kasih padanya dan duduk di dekat Amirah. Mereka mulai saling berbicara,ketika itu ia mulai berpikir bagaimana bertahan hidup jika tidak mempunyai pegangan apa-apa. Tanpa basa-basi Amirah bertanya pada anak jalanan itu yang ternyata bernama Anton mengenai pekerjaan yang bisa Amirah lakukan. Mulanya Anton merasa heran,bagaimana bisa seorang gadis yang terlihat dari cara berpakaiannya seperti orang berada bertanya tentang pekerjaan kepadanya. Namun Anton tidak mau ambil pusing,ia menyuruh Amirah dating ke tempat agen Koran dan melamar pekerjaan sebagai pengantar Koran pada Amirah. Amirah sedikit ragu apa ia bisa menjadi seorang pengantar Koran,tapi tidak apalah saat itu pikirnya. Karena tidak ada pilihan lain,saat ini Amirah hanyalah seorang gadis lulusan SMA. Ia tak bisa berharap banyak pada pendidikannya. Ia mulai melamar pekerjaan pada agen Koran yang di beri tau Anton. Tak hanya itu ,Amirah juga bertekad memulai kehidupannya dari nol. Sekarang ia tinggal di kos-kosan teman sekolahnya di SMA. Pagi saatnya bagi Amirah mengantar Koran, setelah itu ia bekerja di sebuah percetakan menjadi bagian administrasi. Kini ia mulai menata hidupnya,mencari bantuan beasiswa untuk kuliahnya. Amirah tak ingin walau ia tidak hidup dengan orang tuanya lantas pendidikannya bisa putus.

Ketulusan mirah dan teman-teman di kampusnya membuat mereka membangun sebuah sekolah. Sekolah ini di peruntukan untuk para anak jalanan dan anak putus sekolah,tidak terkecuali Anton yang dengan baik menolong Amirah .Mereka melakukannya tanpa pamrih, Amirah kini menjadi seorang yang lebih matang menghadapi hidupnya. Walau pergi dari rumah dengan kesan yang tak baik terhadap keluarganya, ia bertekad suatu hari nanti ia kembali dengan keberhasilan. Di alain sisi ayah dan Ibu Amirah yang cemas dengan kepergian amirah hanya bisa selalu berdoa dan berharap untuk keselamatan anak mereka. Ayah Amirah menyadari bahwa apa yang menjadi keinginan seorang anak adalah hal yang terpenting. Orang tua amirah tak dapat menemukannya,karena Amirah tidak berada di kota tempat orang tuanya tinggal. Untuk Amirah ia mulai menyukai hidupnya,karena selain menjadi seorang mahasiswa di jurusan hukum. Kebutuhannya juga lebih terpenuhi karena Amirah rajin menabung dan menggunakan uangnya dengan baik. Tapi bagaimanapun ia tetap merasa gelisah . amirah begitu merindukan keluarganya yang selama ini di tinggal pergi olehnya. Terkadang ia menyesali apa yang terjadi pada dirinya,tidak sepantasnya ia menentang ayahnya walau itu harus melepas mimpinya. Semua masalah bisa di selesaikan dengan baik-baik,dengan begitu ia tak perlu pergi dan meninggalkan keluarganya. Yang terjadi tak bisa kembali,waktu terus akan berputar. Apa yang ada sekarang harus ia jalani dengan penuh semangat.

Siang itu ketika matahari sedang terik-teriknya,Amirah duduk di bangku taman sembari memperhatikan orang-orang yang lalu lalang di jalanan. Tak lama kemudian Anton dating,saat itu Amirah tahu dalam lelahnya Anton seperti menyimpan sesuatu yang tak bisa ia katakan. Sama seperti Amirah,Anton hanya menyapa Amirah kemudian memandang jalanan. Amirah yang tidak enak dengan sikap Anton yang berbeda, maka ia mulai bertanya pada Anton. Awalnya Anton mengelak dengan alasan sekarang ia hanya merasa capek saja. Amirah terus mendesak hingga akhirnya ia mulai bicara. Dengan mukanya yang terlihat sedih,ia mulai bercerita. Rupanya Anton merasa bingung dengan keadaan ibunya yang sedang sakit,sementara ayahnya hanya menjadi seorang kuli. Kehidupan mereka yang susah membuat Anton dan keluarganya tak bisa berharap banyak pada kesembuahan ibunya. Amirah merasa sedih sekali,ia member semangat kepada Anton dan berjanji berupaya membantu sebisanya.

Esoknya ketika sedang diskusi organisasi bersama teman-temanya, Amirah memberitahukan perihal kesulitan yang di alami oleh keluarga Anton. Spontan seluruh teman-teman amirah menyetujui untuk membantu keluarga Anton dengan memberikan sumbangan. Sungguh mulia perbuatan yang di lakukan Amirah dan teman-temannya. Setelah itu mereka datang ke rumah Anton dan mengajak ibu Anton ke rumah sakit. Anton begitu bahagia sebab ibunya kini bisa di rawat di rumah sakit.Anton begitu berterima kasih pada Amirah dan teman-temannya. Saat berada di rumah sakit ternyata Amirah melihat ibunya,ada banyak keraguan dalam hatinya untuk bertemu dengan ibunya. Namun amirah berusaha mencari tahu apa yang di lakukan ibunya di rumah sakit pada seorang suster. Suster berkata pada amirah bahwa ibu yang ternyata ibu Amirah sedang menunggu ayahnya yang sedang sakit. Mendengar hal itu Amirah sangat sedih dan menyesal terhadap yang telah di lakukannya selama ini.

Ia bertekad kuat untuk tetap pada pendiriannya,untuk mengejar cita-citanya. Tapi semua ini tidak semudah harapannya. Amirah terus merasa bersalah pada keluarganya. Hingga pada suatu hari dengan tekad yang bulat ia dating ke rumah sakit tempat ayahnya di rawat. Seluruh anggota keluarga yang berada di ruangan ayah Amirah merasa bahagia oleh kedatangannya. Mereka tidak peduli tentang apa yang telah terjadi, mereka hanya bersyukur karena Amirah dalam keadaan baik-baik saja. Ayahnya merasa bahagia hingga menangis ketika Amirah mencium tangan ayahnya dan menangis meminta maaf pada ayahnya. Akhirnya Amirah menceritakan tentang pengalamannya selama pergi dari rumah. Mendengar hal itu ayah amirah hanya bisa berkata bahwa ia bangga pada anak perempuannya itu yang bernama Amirah. Oleh karena itu ayahnya Amirah menyetujui apa yang menjadi cita-cita amirah selama ini. Amirah sangat bahagia karena sekarang ia tak perlu bersikeras melakukan berbagai hal yang ingin ia lakukan. PAda akhirnya kehidupan yang indah bersama keluarga dan teman-temannya telah di genggam oleh Amirah. Gadis yang ceria dan baik itu Amirah.

Baca selengkapnya...

Sepuluh hari ini, saya diberi kesempatan berjumpa dengan calon penulis-penulis hebat di Kalimantan Timur. Saya menyebutnya calon penulis hebat, karena banyak dari teman-teman yang hadir disini baru pertama kali terjun dalam dunia "tulis menulis". Namun ada yang membuat keberadaan saya disini berkesan, sebagai penulis "pemula",
teman-teman dapat memberikan begitu banyak pengetahuan yang bisa saya dapatkan.


Sebagai pendatang baru di kota Samarinda ini, saya seperti diajak berwisata oleh teman-teman, mengenali wilayah ini lebih jauh lagi. bukan hanya cerita-cerita yang biasa dan bisa saya surfing dengan mudah melalui internet, namun lebih dari itu. penulis-penulis ini mengajak saya mengenali kalimantan timur dalam sudut pandang yang berbeda.

sebut saja wisata kuliner yang tersedia di samarinda, bukan hanya bercerita tempat dimana saja kita bisa menjumpai aneka makanan atau jajanan. Marcel, salah seorang peserta yang memiliki senyum manis ini, mengenalkan saya bagaimana kuliner dapat dilihat dalam sudut pandang historis, sosiologis dan ekonomi.

kuliner di samarinda tidak bisa dilepaskan dari sebuah pertarungan ekonomi antar etnik yang bisa dianalisis dari aneka makanan yang "dikuasai" produksinya oleh etnis tertentu. misalnya orang-orang Lamongan yang menguasai makanan sari laut atau soto yang dikuasai oleh orang makassar. penguasaan terhadap produksi makanan ini, tidak lepas dari asal muasal jenis makanan itu sendiri. Marcel menyebutnya dengan masakan yang berbasis "kompetensi" dari asal daerah.

dalam perjalanannya, wisata kuliner di Samarinda mengalami pergeseran dimana terjadi apa yang disebut dengan diversifikasi kuliner. Misalnya orang-orang buton yang banyak menguasai warung "DJenggo", yang menjual aneka makanan dari berbagai daerah dan anehnya justru tidak ada makanan yang berasal dari buton.

dalam pandangan saya, apa yang disampaikan oleh Marcel dalam tulisannya terkait dengan wisata kuliner Samarinda ini, sarat dengan analisis ekonomi politik. dimana salah satu entitas dapat mempertahankan kehidupannya termasuk didalamnya kehidupan berekonominya, jika dia berada dalam satu komunitas etnisnya.

dan analisis ini sungguh luar biasa menariknya, karena dalam hampir semua program wisata kuliner yang semakin marak di berbagai media massa, wisata kuliner direduksi hanya seolah-olah urusannya hanya terkait dengan pengolahan resep-resep masakan, dan miskin dari berbagai "warna" yang sesungguhnya tidak bisa dihilangkan dari pengetahuan tentang seluk beluk kuliner itu sendiri.

Meskipun saya belum pernah berkunjung ke warung Djenggo, paling tidak dari sini saya mengerti bagaimana sistem berjualan warung ini yang biasanya dibuka dari mulai jam 20.00 hingga jam 03.00 pagi. unik, karena warung ini punya sistem "penghitungan" pembayaran yang berbeda dari warung-warung makan lainnya.

Baca selengkapnya...

Kabar dari Kawan

"Teruslah menulis tentang apa yang kamu rasakan, apa yang kamu pikirkan dan apa yang kamu mimpikan. Menuliskan air yang mengalir, menuliskan daun yang gugur, menuliskan jingga yang tak pernah beranjak dari mendung". Itulah pesan singkat (sms) yang diterima Khalisah Khalid dari seorang sahabat, selepas pemuatan artikelnya "Panasnya Batu Bara" di Kompas. Karena kehangatannya dan pilihan katanya yang puitis, pesan singkat ini kuat melekat di ingatan gadis yang ramah dan supel ini.


Baginya sms-sms yang kerap menyapanya dengan simpatik, seperti alunan doa untuk setiap langkah yang dilaluinya. "Aku senang dengan pujian mereka", katanya lugas, sambil pandangnya menerawang jauh dan raut wajahnya mengeras. Seperti ada beban berat yang ia tanggung, perjalanan penuh aral dan kelokan tajam, kesakitan. Tapi itu tak lama, wajahnya kembali menjadi lembut, cerah dengan senyumnya yang hangat.


Khalisah yang akrab di sapa Alien ini kemudian bercerita tentang Banda Aceh yang membuka jalan sekaligus nyaris menutup kembali jalannya untuk menekuni dunia tulis menulis. Tulisan pertamanya yang dimuat di koran komersial adalah artikel opininya soal RUU Pemerintahan Aceh dan pengeloaan sumber daya alam. Baginya pembahasan RUU Pemerintahan Aceh masih miskin soal perspektif keberlanjutan pengelolaan sumber daya alamdan lingkungan hidup. . Keperduliannya itu tak lepas dari perannya sebagai juru kampanye Walhi Aceh.


Hanya sekali itu saja opininya dimuat di koran lokal, setelah itu Alien kembali tenggelam dalam kesibukannya, rutinitas, pergulatan batinnya dan kemudian menulis bukan lagi prioritas. Bahkan katanya dunia tulis menulis bukan dunia yang menarik baginya.


Sampai kemudian bak disambar petir Alien dikejutkan diagnosa dokter, bahwa sakit luar biasa di kepalanya diakibatkan oleh pembekuan darah di kepala. Bahkan kemudian dokter ahli syaraf yang melakukan diagnosa, dengan nada yang cukup halus mengatakan kemampuan berpikirnya dibawah rata-rata orang dewasa normal.

Prak, diagnosa dokter itu kemudian mengoncangkan kembali batinnya. "Aku merasa tidak ada artinya menjadi manusia" ujarnya getir.


Ironis memang, kepergiannya ke Banda Aceh yang diniatkan untuk memulihkan dirinya, kini memberinya lagi pukulan yang keras. "Aku tinggalkan Banda Aceh, tempat dimana aku sempat menemukan titik balik dalam proses hidup yang aku jalani. Membangun kehidupan baru setelah aku merasakan layar hidupku karam".


Alien tak larut dalam duka dan kekecewaannya, segera setelah kembali ke kota kelahirannya Jakarta ia segera meneguhkan tekadnya untuk menulis kembali. Menguji kemampuan berpikirnya yang dianggap dokter di bawah rata-rata orang dewasa, sekaligus ingin menunjukkan pada dokter syaraf itu bahwa apa yang disampaikannya salah.


Tidak sia-sia berkat kerja kerasnya artikel opininya yang kedua, dimuat di harian Kompas edisi Jawa Barat. Sejak itulah tulisannya terus mengalir dan di muat di harian Kompas edisi Nasional dan Koran Tempo, selain beberapa media yang dikelola NGO. Bahkan kemudian atas permintaan salah satu pengasuh rubrik Swara di harian Kompas, Alien sempat menulis untuk Kompas soal jender dan lingkungan hidup.


Walau dunia tulis menulis telah membuka jalan baginya untuk memulihkan dirinya, untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, ia msih terus menanggung derita kesakitan di kepalanya. "Aku harus merasakan sakit kepala, selepas menulis", katanya sambil menghela nafas. "Namun semua itu aku anggap bagian dari proses terapi yang kubangun sendiri. Membangun kepercayaan diri", ujarnya penuh keyakinan.


Sekedar ingin membuktikan aku tidak bodoh, kemampuanku sama dengan orang-orang lainnya", kemudian ujarnya merendah.

Baca selengkapnya...

Sya VI

Sya...
ini hari kedelapan dalam bulan maret, dan aku diberi lagi sekali waktu ini untuk menyaksikan berapa abad sudah perlawananmu para perempuan melawan berbagai rasa yang dilaluinya dengan hatimu, dengan tanganmu, dengan seluruh darah yang mengalir lewat sumsum-sumsummu. melawan lupa, melawan ketidaktahuan, melawan kelemahan, melawan sakit, melawan duka dengan hatimu, dengan tanganmu, dengan seluruh darah yang mengalir lewat persendianmu.

mulai dari balik dinding yang sunyi, hingga menyusup pada keramaian yang datang silih berganti, kau mencoba tidak tunduk pada apa saja yang menghalangi keyakinanmu. aku meyakini lautan luas tersimpan dalam hatimu, hingga ketenangannya dapat perlahan-lahan menjadi ombak yang menggulung rasa ketidakberdayaanmu menjadi kekuatanmu. kau teramat sangat tau, yang melemahkan dirimu adalah dirimu sendiri.

di perkebunan, amarah itu meluap menjadi benih-benih jiwa yang membangkang pada tuan tanah, pada rentenir yang terus saja mencekik lehermu dengan bunga utang yang kau sendiri sudah tidak sanggup menghitungnya, pada mandor-mandor yang seenak udelnya memainkan butiran keringatmu yang satu persatu kau pertukarkan dengan lembaran rupiah untuk bertarung hidup sambil sesekali memainkan tangannya yang nakal untuk menoel pantat-pantat anak gadismu yang juga mau tak mau mengikuti jejakmu menjadi buruh, pada penjajah yang dari dulu hingga kini hanya berubah bentuknya saja. dulu bertopi kompeni dan priyayi, kini berganti berseragam dan berdasi yang sesekali asik
saling berjudi mempermainkan nasibmu sekeluarga tanpa kau tau siapa yang menang, tapi selalu saja pasti hidupmu yang menjadi taruhannya.

di kampung-kampung, amarah itu meluap menjadi toxic-toxic yang siap meracuni rasa takutmu dan merubahnya menjadi bara yang dibakar pagi, siang dan malam pada traktor-taktor besar yang setiap saat siap merobek-robek tanahmu, pada umara'mu yang mengaku menjadi pemimpin dan wakilmu tapi tanpa malu-malu menyumbang masjid dari uang yang mengobral sawahmu, ladangmu, hutanmu menjadi lubang-lubang tambang menganga yang membuat dadamu sesak menahan amarah, pada orang yang bahkan kau tidak kenal siapa dia, dan tiba-tiba datang menyerobot lahanmu dan mengeruk isinya sesuka hati mereka sambil memberikan "gula-gula" dan tak lupa berkata "kami sungguh baik pada kalian".

di pabrik-pabrik, amarah itu meluap menjadi deru mesin yang siap berkejaran mengalahkan rasa takutmu pada bos-bos mulai dari kecil hingga bos-bos yang kaupun tidak tau bagaimana rupanya, tapi dari jam ke jam, menit ke menit, detik ke detik menguras tenagamu tak ubahnya seperti sapi perah kurus yang tak pernah diberi makan, pada

di dapur hingga meja makanmu, amarah itu menjadi bisikan dan lagu yang selalu kau senandungkan pada buah hatimu agar mampu menegakkan kepala, mengepalkan jemari yang selama ini selalu terkepal tak berdaya, menjadi kepalan yang siap meninju angkasa.

di jalan-jalan, amarahmu menyatu dalam seluruh jiwa yang menggelora dalam gemuruh-gemuruh perlawanan pada bangsamu yang selalu mengabaikan hidupmu, pada adat istiadatmu yang menempatkan dirimu tak lebih sebagai properti, pada tafsir-tafsir agama yang selalu dipuja-puji oleh manusia yang tingkahnya melebihi Tuhan-Nya sendiri, pada kapitalisme yang menggenggam seluruh hidupmu hingga kau sendiri tidak mengerti siapa dirimu dalam balutan iklan yang menjual kebahagiaan hidup dalam bungkusan produk yang kau sendiri tidak butuh tapi kau menikmatinya dengan sangat.

sya...
hari itu kembali datang, dan aku sunggu merindumu hadir disini sambil terus mengajakku memahami alur hidup yang singkat ini. "perbuat apa yang kamu yakini sebagai kebenaran, karena itu hidup pilihan".

Baca selengkapnya...